Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat buah nangka - periode kehamilan menjadi periode emas untuk calon ibu yang mendambakan memiliki keturunan yang sehat. Untuk itulah, tidak heran jikalau banyak ibu hamil yang begitu menjaga kehamilannya dengan mengkonumsi makanan sehat, menjaga pola hidupnya dan menghindari apa yang dipantangnya.

Banyak kekhawatiran yang menjadi mimpi buruk untuk para ibu hamil, itulah mengapa banyak ibu hamil yang begitu hati-hati dalam memilah dan memilih makanan yang mereka konsumsi. Hanya saja kekhawatiran yang berlebihan pada ibu hamil acap kali membuat mereka menjadi begitu paranoid, termasuk ketika memakan nangka.

manfaat sehat buah nangka

Sebab sebagian besar ada yang mengklaim bahwa dengan memakan buah nangka perut kita sering mencicipi tidak enak, apalagi jikalau dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini akan mungkin membuat ibu hamil mengalami keguguran. Namun ada juga sebagian lain yang menyatakan buah nangka boleh dan aman-aman saja dikonsumsi sewaktu hamil. Lantas apa akibat pada ibu hamil, bolehkah ibu hamil memakan buah nangka? Kita simak penterangannya dibawah ini.

Kandungan nutrisi dari buah nangka
Buah nangka atau dalam nama latin disebut artocarpus heterophyllus adalah buah yang berasal dari asia tenggara dan asia selatan. Buah yang dikenal sebagai buah tropis ini banyak dijumpai dalam banyak sekali jenis hidangan di asia, terutama di indonesia, mirip sayur gulai nangka, minuman es buah, atau mampu dimakan eksklusif tanpa diolah.
1. Buah nangka kaya akan vitamin a dan c, riboflavin, niasin, tiamin, dan asam folat.
2. Buah nangka rendah sodium, kolesterol, dan lemak jenuh.
3. Buah nangka banyak di dalamnya terdapat mineral penting mirip magnesium, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, tembaga, seng, mangan, dan selenium.
4. Buah nangka termasuk buah yang kaya serat dan menyediakan hampir 11% dari kebuyang kuasa serat harian.
5. Di dalamnya terdapat gula sederhana mirip fruktosa dan sukrosa.
6. Diperkaya dengan fitonutrien, mirip lignan, isoflavon, dan saponin yang bersifat anti-kanker dan anti-penuaan, dan anti-ulterasi.

Manfaat buah nangka
1. Magnesium yang ditemukan dalam jumlah besar dalam buah nangka membantu penyerapan kalsium tubuh. Kalsium yang tinggi dalam buah nangka bermanfat untuk memperhandal tulang. Komposisi zat besi dalam buah nangka bisa membantu memperlancar aliran darah dan mencegah anemia. Sementara komposisi kalium yang cukup tinggi dalam buah nangka berkegunaan untuk menurunkan tekanan darah sesampai mengurangi risiko agresi jantung dan stroke.
2. Buah nangka kaya serat sesampai baik untuk membantu mengobati duduk perkara sembelit (konstipasi) dan memperlancar buang air besar.
3. Amankah buah nangka dimakan ketika hamil
4. Sebab komposisi gulanya sederhana (fruktosa dan sukrosa), maka buah nangka bisa membantu menambah energi tubuh tanpa menambah lemak atau kolesterol pada tubuh.
5. Komposisi anti-kanker dalam buah nangka berkegunaan dalam melawan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh dan mengadang degenerasi sel.
6. Komposisi anti-ulterasi dalam nangka bisa melindungi usus dari luka (menyehatkan usus), membantu penyembuhan borok, dan mencegah sejumlah gangguan sistem pencernaan.
7. Komposisi senyawa anti-penuaan dalam buah nangka bisa memperlambat degenerasi sel-sel kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda.
8. Buah ini juga baik dalam menjaga penglihatan (mata) sebab kaya vitamin a.

Kegunaan buah nangka untuk ibu hamil
Apakah ibu hamil boleh memakan buah nangka? Setelah mengetahui komposisi serta khasiat buah nangka yang baik untuk kesehatan, sekarang mari kita lihat apakah buah ini aman atau tidak jikalau dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak orang yang beranggapan bahwa buah nangka akan membuat seseorang mengalami keguguran. Namun sebenarnya anggapan tersebut hanyalah mitos belaka dan hingga ketika ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut. Faktanya buah nangka begitu kaya nutrisi dan khasiat yang diperlukan ibu hamil dan janin didalamnya.

Komposisi vitamin a yang ada pad abuah nangka amat penting untuk perkembangan janin terutama membantu pembentukan otgan penglihatan (mata). Selain itu, buah nangka juga kaya akan komposisi b3 yang bisa membantu mengatur hormon, meningkatkan imuntias dan mengontorl tingkat stres pada ibu hamil


Setelah mengetahui mirip apa nutrisi, kegunaan, dan efek samping dari buah nangka, sekarang, mari kita lihat apakah buah ini aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi buah nangka selama kehamilan mampu menyebabkan keguguran. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. Faktanya, buah nangka sangat kaya akan nutrisi yang berkhasiat bagi ibu hamil dan bayi. Komposisi vitamin a dalam buah nangka mampu berkegunaan bagi perkembangan janin, terutama membantu perkembangan dan pembentukan fungsi organ penglihatan (mata) janin. Komposisi vitamin b3 dalam buah nangka mampu membantu mengatur hormon, meningkatkan imunitas, dan mengontrol tingkat stres pada wanita hamil.

Sementara komposisi mineral magnesium dan kalsium dalam buah nangka baik untuk kesehatan tulang dan diharapkan oleh ibu hamil, alasannya ialah selama hamil kebuyang kuasa akan kalsium meningkat. Kalsium diharapkan oleh janin untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga berkegunaan untuk melancarkan peredaran darah, membantu agar perkembangan sistem saraf janin berjalan tata caral, dan berkegunaan dalam perkembangan jantung bayi. Kalau kebuyang kuasa kalsium selama hamil tidak terpenuhi, maka bayi akan mengambil kalsium ibu dari tulang ibu yang pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan ibu hamil.

Selama kehamilan, kebuyang kuasa zat besi juga meningkat. Oleh alasannya ialah itu, komposisi zat besi yang tinggi dalam buah nangka juga baik untuk membantu memenuhi kebuyang kuasa zat besi wanita selama hamil dan membantu mencegah anemia. Beberapa tanda-tanda anemia yang mampu mengganggu kenyamanan selama hamil diantaranya ialah acapkali pusing dan lelah. Komposisi kalium dalam buah nangka juga berkegunaan bagi ibu hamil dalam mencegah hipertensi, dimana kondisi hipertensi cukup acapkali terjadi ketika hamil. Buah nangka juga kaya akan serat, sesampai juga berkegunaan untuk menyembuhkan keluhan sembelit (susah air besar) yang acapkali terjadi pada wanita hamil.

Meskipun termasuk aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, bukan bermakna buah nangka mampu dikonsumsi secara berlebihan (dalam jumlah yang terlalu banyak dan terlalu acapkali). Alasannya ialah komposisi seratnya yang tinggi, kalau dikonsumsi secara berlebihan buah ini mampu bersifat sebagai pencahar yang mampu menyebabkan diare pada wanita hamil. Selain itu, perhatikan juga efek samping dari mengonsumsi buah nangka mirip yang sudah disebutkan di atas. Kalau ibu hamil memiliki riwayat alergi, menderita diabetes dan memiliki kelainan darah, sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini.


Pencarian terbanyak :

  • manfaat buah nangka 
  • manfaat buah nangka untuk kesehatan 
  • manfaat buah nangka bagi ibu hamil
  • makan buah nangka sewaktu hamil aman?


Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment