Manfaat Bunga Rosella yang Istimewa

Nama rosela kini cukup mendunia, tak terkecuali di indonesia rosela memiliki lebih dari 300 jenis spesies yang hidup dan berkembang dikawasan tropis serta non tropis. Salah satu spesies yang dianggap memiliki kegunaannya merupakan rosela merah. Karena buahnya yang mengagumkan, awalnya bunga rosella hanya dijadikan tanaman untuk memepermengagumkan rumah. Belakangan, kelopak bunganya mulai diseduh dan dijadikan minuman. Ada juga yang mekegunaankannya menjadi selai, salada buah, bahkan jeli. Tak jarang ada yang mengonsumsinya sebagai campuran minum kopi. Dulu, orang awam lebih mengenalnya sebagai asen berwarna merah dengan aroma yang khas dengan nama frambozen..


Kelopak rosela bisa dipanen setelah berumur maksimal 4 minggu. Secara kasat mata, bisa  dilihat dari kulit pembungkus biji majemuk yang telah membuka. Untuk mengetahui kualitas dari kelopak rosela, caranya mudah saja. Aroma sitrus yang khas akan keluar dikala kelopak sudah dikeringkan. Warna merah dan asamnya pun cepat larut jikalau disiram air panas. Kelopak rosela biasanya dijemur selama 3 hari.

Kandungan bunga rosela:

Biji rosela mampu dikegunaankan untuk menyembuhkan kekurangan darah, kelesuan, dan sakit kulit. Daunnya dimanfaatkan untuk merawat luka, gigitan serangga, dan sakit kulit.

Kegunaan manfaat dan khasiat rosela:

  • Meredakan peradangan sendi
  • Mencegah stroke dan hipertensi
  • Mencegah kmenakutkan, kista, dan tumor
  • Menghilangkan wasir dan migren
  • Menyembuhkan  infeksi  saluran kemih
  • Meredakan panas dalam dan menurunkan demam tinggi



Manfaat Bunga Rosella yang Istimewa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Post a Comment